Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapolda Maluku Jenguk Anggota Brimob Korban Penembakan KKB di Nduga

Kompas.com - 21/01/2020, 22:11 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - Kapolda Maluku, Irjen Pol Royke Lumowa bersama istrinya dan Kepala Satuan Brimob Polda Maluku, Kombes Pol Muhammad Guntur menjenguk Bharatu Luki Darmadi (26) anggota Brimob Polda Maluku, yang menjadi korban penembakan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua, Sabtu (11/1/2019) lalu.

Bharatu Luki mengalami luka tembak pada bagian paha kiri dalam insiden tersebut, dan kini sedang menjalani perawatan medis di RS Polri, Kramat Djati Jakarta.

Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol Mohamad Roem Ohoirat mengatakan, kondisi Bharatu Luki kini semakin membaik, setelah menjalani perawatan di RS Polri.

"Selasa siang tadi Pak Kapolda didampingi ketua PD Bhayangkari Polda Maluku, dan Dansat Brimob menjenguk anggota kita (Bharatu Luky) korban penembakan di Nduga, Papua, yang sementara dirawat di RS Polri. Kondisi anggota kita itu semakin membaik," ungkap Ohoirat, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (21/1/2020) malam.

Baca juga: Usai Dioperasi, Kondisi Brimob yang Ditembak KKB di Papua Membaik

Dia menyebut, kedatangan Kapolda Maluku dan Komandan Satuan Brimob Polda Maluku itu, sebagai bentuk dukungan dan penyemangat bagi Bharatu Luki.

"Pak Kapolda, bersama Ibu ketua dan Dansat Brimob, memberikan dukungan dan semangat bagi Luki, yang tengah menjalani masa penyembuhan saat ini," tutur Roem.

"Kita dan seluruh masyarakat Maluku, terus mendoakan Bharatu Luki, agar cepat sembuh sehingga bisa kembali bertugas seperti sediakala," tambah dia.

Bharatu Luky mengalami luka yang cukup serius di paha akibat terkena tem­bakan senjata api oleh kelompok kriminal ber­senjata (KKB).

Kontak senjata dengan KKB terjadi di Bandara Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua, Sabtu (11/1/2019). 

Korban merupakan anggota Brimob Polda Maluku yang tergabung dalam Satgas Aman Nusa.

Baca juga: Anggota Brimob Korban Penembakan KKB di Papua Butuh Berbulan-bulan untuk Pemulihan

 

Luki mengalami luka tembak di bagian paha sebelah kiri saat itu terjadi kontak tembak di Bandara Kenyam antara personel Brimob Polda Maluku Pos Bandara Kenyam dengan kelompok bersenjata pimpinan Egianus Kogoya.

Sebelum terkena timah panas sekitar pukul 06.28 WIT, korban menuju ke tempat pembuangan sampah untuk membuang sampah yang berada di sekitar ujung bandara.

Sayangnya, saat baru menyeberang jalan tepatnya samping pos Brimob dengan jarak sekitar 50 meter, tiba-tiba ada bunyi rentetan tembakan yang diperkirakan dari jarak 120 meter. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com