Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencari Batu Akik Temukan Granat Buatan Jerman di Sungai

Kompas.com - 07/01/2020, 20:04 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

PURBALINGGA, KOMPAS.com- Sebuah granat yang diduga masih aktif ditemukan di antara bebatuan Sungai Klawing Kelurahan Bancar, Kecamatan/Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, Selasa (7/1/2020).

Kapolsek Purbalingga AKP Subagyo menjelaskan, granat itu kali pertama ditemukan Gino (40) saat mencari batuan untuk bahan batu akik sekitar pukul 11.00 WIB.

Awalnya saksi mengira benda itu adalah roda kulkas.

"Saksi awalnya melihat benda seperti roda kulkas di antara bebatuan, kemudian diambil, dilihat dan ditaruh lagi di tempat yang sama. Kemudian ia menunjukan benda tersebut kepada seseorang yang kebetulan sedang memancing di pinggir sungai," kata Subagyo melalui pesan singkat.

Baca juga: Fakta Terbaru, Pengemudi Lamborghini Penodong Pistol Simpan Granat di Dalam Rumah

Karena penasaran, kata Subagyo, benda tersebut sempat disentuh dengan gagang alat pancing.

Namun setelah diamati oleh kedua saksi, benda yang sudah berakat itu mirip granat, sehingga segera dilaporkan kepada aparat.

"Setelah menerima laporan dari warga, kami mengamankan TKP dan memasang garis polisi. Selanjutnya olah TKP, pemeriksaan dan penangan dilakukan oleh Tim Jihandak dari Kompi Brimob BS Banyumas," ujar Subagyo.

Baca juga: Kerja Bakti Bersihkan Irigasi, Warga Kebumen Temukan Granat Nanas

Berdasarkan hasil olah TKP, benda itu merupakan granat manggis buatan Jerman tahun 1940. Granat itu telah berkarat, tapi diduga masih aktif.

"Temuan granat tersebut telah diledakkan oleh Tim Jihandak Kompi Brimob BS Banyumas pinggiran Sungai Klawing. Dipastikan granat tersebut telah meledak dan hancur," kata Subagyo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com