Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejak Hari Pertama Lebaran, Warga Kecamatan Bogor Selatan Kesulitan Air Bersih

Kompas.com - 07/06/2019, 14:44 WIB
Ramdhan Triyadi Bempah,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Sejumlah warga di wilayah Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, mengalami kesulitan air bersih di hari libur Lebaran ini, Jumat (7/6/2019).

Mereka terpaksa memanfaatkan air sumur di sekitar tempat tinggalnya untuk keperluan mencuci dan mandi. Bahkan di antaranya memilih menumpang mandi di rumah sanak keluarga.

Krisis air bersih di wilayah itu terjadi sejak Kamis (6/6/2019). Mereka kesulitan mendapatkan air setelah pipa air milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Bogor mengalami kebocoran.

Akibatnya, beberapa wilayah di Kecamatan Bogor Selatan mengalami gangguan pengaliran, seperti di Rangga Mekar, Pamoyanan, Pabuaran, Perum Onix, Babakan Sirna, Perum KB Raya, Sawah Bera, The Fusion BNR, Cibeureum Sunting, Komplek Telkom, Taman Sari Cyber, Jalan Cibeureum Mulyaharja, Gang Kosasih, Gang Flamboyan, Gang Basir, Gang Sawargi, Taman Dika, Gang Pangumbahan, Hotel Aston, dan The Jungle.

Baca juga: Antisipasi Bencana Kekeringan, BPBD Banyumas Siapkan 1.000 Tangki Air Bersih

Dayat (30), warga Gang Pangumbahan mengaku harus menimba air sumur terlebih dulu untuk mandi.

Dayat mengatakan, tetangga di sekitarnya juga melakukan hal serupa. Mereka harus bergantian mengantre menimba dari sumber air sumur yang sama.

Bahkan, sambung Dayat, ada juga tetangganya yang lebih memilih untuk mandi dengan menumpang di rumah saudaranya.

"Dari kemarin air nggak ada. Jadi susah mau apa-apa, apalagi pas Libur lebaran kayak gini. Banyak saudara yang datang ke rumah. Yang penting ada air buat bersih-bersih habis buang air kecil atau air besar," ungkap Dayat.

Baca juga: 37 Desa di Wonogiri Krisis Air Bersih, Warga Terpaksa Jual Ternak untuk Beli Air

Aldo (40), warga Cipaku, juga mengalami hal serupa. Kata Aldo, gangguan air di wilayahnya karena ada pipa PDAM yang bocor di dekat rumahnya.

"Ada pipa besar punya PDAM bocor dekat rumah. Parah. Saya lihat hari ini masih diperbaiki sama petugas," sebut Aldo.

Humas PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor Iman mengatakan, kebocoran tersebut disebabkan adanya sambungan pipa air yang lepas di daerah Cipaku.

Baca juga: Atasi Kekeringan di Gunungkidul, BPBD Siapkan 10 Juta Liter Air Bersih Akhir Mei

Iman menuturkan, perbaikan sambungan pipa sudah dilakukan sejak kemarin dan ditargetkan selesai hari ini.

"Mudah-mudahan siang ini bisa selesai," ucap Iman.

Iman mengaku, akibat kebocoran air tersebut pihaknya mengalami kerugian. Namun pihaknya belum dapat merinci nominal kerugian yang dialami.

"Pasti kerugian ada. Cuman belum dihitung, ya. Biasanya digabung sama angka kehilangan air yang lain," tutupnya. 

Kompas TV Di Aceh Besar, musim kemarau membuat sumber air bersih bagi 3 kecamatan kering. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memprediksi, musim kemarau di Aceh akan terjadi hingga September mendatang.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com