Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Taoge Bikin Subur?

Kompas.com - 25/08/2009, 09:40 WIB

KOMPAS.com — Banyak orang bilang, makan cumi bisa membuat pria subur. Ada juga yang meyakini, taoge akan meningkatkan jumlah dan kualitas sperma. "Banyak mitos yang merugikan pasien. Semua makanan tidak ada yang sangat baik atau sangat buruk. Semuanya baik, tapi harus seimbang," kata dr Nugroho Setiawan, MS, SpAnd.       

Alasannya, setiap makanan punya kelebihan dan kekurangan, jadi harus seimbang. "Kalau makan cuminya berlebihan, misalnya, kan, tidak bagus juga." Lalu, bagaimana dengan taoge? Menurut Nugroho, jika cuma makan taoge saja, ya jelas tidak sehat.

"Ada saatnya kita harus bersikap rasional. Secara teori, taoge memang mengandung vitamin E. Namun, satu tampah taoge jika diekstraksi hanya akan menjadi sebutir pil vitamin E. Jadi, harus kembali ke penyebabnya. Kalau penyebab kurang suburnya karena kekurangan vitamin E, makan taoge mungkin bisa membantu. Namun, kalau penyebabnya varikokel, taoge setampah setiap hari pun enggak ada gunanya," kata Nugroho.   

Narasumber: Dr. Nugroho Setiawan, MS, SpAnd, dokter spesialis andrologi RS Fatmawati, Jl. RS Fatmawati, Cilandak Jakarta Selatan. Telepon, 021-7501524. Fax, 021-7690123.

(Hasto Prianggoro/Nova)     

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com