Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Akan Perluas Sukuk

Kompas.com - 07/10/2008, 17:32 WIB

JAKARTA, SELASA-Pemerintah akan memperluas pasar obligasi seperti sukuk (obligasi syariah) untuk memperluas basis investor. Rencana ini terkait dengan pertemuan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani dengan para Menteri Keuangan Asean dan Asean Finance Minister Investors Seminar (AFMIS) atau Asean Roadshow di Dhubai, Uni Emirat Arab tanggal 7-9 Oktober 2008.

Hal tersebut disampaikan Kepala Biro Humas Depkeu Samsuar Said melalui siaran resminya kepada pers, Jakarta, Selasa (7/10). "Lokasi AFMIS di Timur Tengah (Dubai) dipandang cukup relevan dan strategis mengingat peran Dubai sebagai finansial hubungan negara-negara teluk. Selain itu, potensi intervensi belum tergarap secara optimal dari kawasan yang memiliki kelebihan likuiditas tersebut. Karena itu, rencana penerbitan global sukuk di Indonesia akan dijalankan," kata Samsuar.

Pertemuan tersebut akan membahas di antaranya, kerangka studi liberalisasi sektor keuangan dan neraca modal (capital account) dan harmonisasi standar aturan pasar modal ASEAN yang terkait pencapaian integrasi komunitas ekonomi ASEAN pada 2015.

Pertemuan itu juga membahas mengenai pengembangan surveilance kawasan ASEAN dalam mengantisipasi krisis keuangan global dan regional, dan pembiayaan infrastruktur ASEAN. Agenda AFMIS ke depan dan persiapan ASEAN Investment Day akan dipaparkan oleh Indonesia.. "ASEAN Investment Day akan diselenggarakan bersamaan dengan pertemuan Gubernur Asian Development Bank (ADB) di Bali Bulan Mei 2009," kata Samsuar.

Penyelenggaraan AFMIS akan dihadiri sekitar 160 pimpinan institusi keuangan, bankir dan fund manager internasional, khususnya di kawasan Timur Tengah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com