Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Optimistis Sukuk Valas Terbit Tahun Ini

Kompas.com - 25/09/2008, 12:56 WIB

JAKARTA, KAMIS - Pemerintah optimistis dapat menerbitkan obligasi syariah negara dalam valuta asing meskipun kondisi pasar global tidak menggembirakan.

"Kami masih menjadualkan akhir Oktober 2008 ini, kami mengamati perkembangan pasar untuk mencari timing yang tepat," kata Dirjen Pengelolaan Utang Depkeu, Rahmat Waluyanto di Jakarta, Kamis (25/9).

Rahmat mengatakan hal itu sebelum mengikuti rapat tertutup membahas rencana kerja dan anggaran kementerian/lembaga (RKA-KL) sejumlah eselon I di Komisi XI DPR.

Kondisi pasar untuk sukuk global khususnya kawasan Timur Tengah, menurut Rahmat, lebih baik dibanding dengan kondisi di AS. "Roadshow non deal pada Juni lalu menunjukkan adanya minat yang cukup besar," katanya.

Menurut dia, pemerintah akan melakukan mekanisme yang meminimalkan resiko dan memilih waktu yang tepat sehingga akan kembali melakukan roadshow sebelum melakukan transaksi.

Sementara itu mengenai perkembangan pasar SUN ke depan, Rahmat mengatakan, investor asing masih percaya dengan fundamental ekonomi Indonesia. "Kita bisa pantau kepemilikan SUN oleh investor asing tidak mengalami redemption yang cukup besar, kalau terjadi redemption nilai rupiah akan turun," katanya.
   
Namun menurut dia, nilai tukar rupiah aman-aman saja dan relatif stabil bahkan cenderung menguat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com