Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menulis Novel Remaja Jadi Bisnis, OK Juga

Kompas.com - 01/02/2009, 18:03 WIB

JAKARTA,MINGGU- Novel remaja yang saat ini sedang berkembang ternyata menyimpan peluang bisnis yang begitu besar. Indikasinya, bermunculannya penulis muda serta ketertarikan penerbit besar dan kecil pada novel remaja ini tidak boleh dilewatkan begitu saja.

"Remaja membutuhkan bacaan yang ringan-ringan. Selain menyalurkan hobi juga menjadi peluang bisnis," kata novelis remaja Sitta Karina Rachmidiharja di Jakarta, Minggu (1/2).

Sitta mengatakan, dulu karya tulisan lebih banyak bersifat sastra. Kalaupun ada novel, hanya satu dua. Contohnya Lupus yang masih diingat ceritanya hingga sekarang. Setelah era Lupus, seperti ada jejaring terputus, sehingga dibutuhkan karya sastra yang memenuhi kebutuhan remaja.

Saat ini, banyak sekali ditemukan novel remaja dari penulis debutan dan dikeluarkan oleh penerbit yang baru tumbuh. Meskipun ketat, perbandingannya masih jauh dengan jumlah remaja sekarang. Peluang ini yang bisa dioptimalkan bagi para remaja yang hobi menulis.  "Pasar masih sangat terbuka," ungkapnya.

Kendalanya, lanjut Sitta, penulis remaja selalu terpaku pada ide saja, sehingga apa yang ditulis tidak bisa mewakili remaja di sekitarnya.

Seharusnya, keterbukaan terhadap tren serta kebutuhan pembaca menjadi faktor penting. Apalagi ketika ditawarkan penerbit, bukan saja ide penulis tapi kemampuan menjual saat di pasarkan.

"Membuat novel tidak sekedar menyalurkan hobi menulis, tapi juga pebisnis," jelas Sitta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com